08 Januari, 2011

Berbagi File Video di Google Documents

Google Documents, salah satu aplikasi online dari Google untuk baca tulis dokumen dan menyusun spreadheet mengumumkan akan melansir tambahan kemampuan untuk berbagi dan memutar video sebagai bagian dari pengembangan tanpa batas dari deretan keunggulan yang dimilikinya. 

Dengan tambahan ini, maka video yang telah diunggah dapat disimpan dan diputar di dalam dokumen yang tersimpan di Google Docs. Kabarnya fitur baru ini bisa digunakan untuk mengunggah file video hingga ukuran 1 GB. Format file video yang didukung dalam bentuk MPEG4, 3GPP, MOV, WebM, AVI, MPEGPS, WMV dan Adobe .flv. File-file tersebut diunggah menggunakan pengunggah simpel seperti yang ada di YouTube. Sekali mereka telah tersimpan online, nantinya akan dapat diputar ulang dengan mengklik begitu saja file tersebut di aplikasi Google Docs. 

Salah satu keunggulan yang ditawarkan dari kemampuan baru ini adalah kenyamanan. Daripada mengunduh terlebih dahulu baru kemudian diputar dalam browser atau aplikasi yang terpisah, sekarang pengguna dapat memutarnya langsung di aplikasi Google Docs di browser yang sama. Dengan syarat telah tertanam Flash di komputer tersebut. Kelebihan lainnya, video streaming di dalam Google Docs juga bisa digunakan untuk penggarapan video secara bersama-sama atau berkelompok, karena video yang telah diunggah juga bisa diunduh seperti halnya file dokumen dan spreadsheet yang tersimpan di aplikasi Google Docs.

Tidak seperti di Facebook ataupun YouTube, privasi dokumen bisa lebih sedikit terjaga. Karena dapat diputar dan dibagi di dalam Google Docs tanpa harus menjadi file publik. Kita dapat menentukan dengan siapa saja kita bisa berbagi video tersebut atau dijadikan file publik.
Sumber dari : techland.time.com
Selamat menyongsong fajar akhir pekan, apa nanti sampeyan mau bagi-bagi video liburannya ?

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Berbagi File Video di Google Documents"

Posting Komentar